Asyiknya Berwisata di Curug Tirta Sela, Air Terjun Unik di Baturraden
HomeTop Us DestinationAsyiknya Berwisata di Curug Tirta Sela, Air Terjun Unik di Baturraden

Asyiknya Berwisata di Curug Tirta Sela, Air Terjun Unik di Baturraden

MTC MEDIA – Banyumas. Air terjun Curug Tirta Sela merupakan salah satu destinasi wisata andalan yang dimiliki Baturraden. Air terjun ini berlokasi di Jalan Wana Wisata Curug Tirta Sela, Dusun II, Kemutug Lor, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Air terjun Curug Tirta Sela memiliki keunikan yang tidak ditemukan di tempat lain. Keunikannya terletak dari ketinggian air terjun yang dapat berubah sesuai musim.

Saat musim hujan, Curug Tirta Sela memiliki ketinggian air terjun mencapai 60 meter. Namun, saat musim kemarau tiba, tingginya menyusut jadi sekitar 14 – 16 meter saja.

Kendati demikian, pemandangan saat musim hujan dan musim kemarau di air terjun ini sama-sama cantik. Saat musim hujan, pemandangan air terjun lebih megah dan volume debit alirannya cukup besar.

Sementara saat musim kemarau, suasana air terjunnya lebih menenangkan. Hal ini karena debit airnya lebih kecil dan tinggi air terjun menyusut.

Yang menambah keelokan Curug Tirta Sela adalah di bawah air terjun terdapat kolam alami yang airnya sangat jernih. Pengunjung juga bisa berenang di sini kalau ingin bermain air.

Berenang di Air Terjun Curug Sela
Airnya yang jernih menggoda untuk berenang, bahkan menyelam di dalam kolam alami yang berada tepat di bawah air terjun Curug Tirta Sela di Baturraden. Foto: Pinterest

Bagi yang tidak ingin basah-basahan, bisa menikmati pemandangan air terjun dari gardu pandang yang disediakan pihak pengelola.

Dari gardu pandang ini, pengunjung bisa duduk santai dan menikmati pemandangan yang menenangkan pikiran.

Selain itu, sembari menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga bisa berfoto-foto di sekitar air terjun ini.

Air terjun Curug Tirta Sela dikelola langsung oleh PT Palawi Risorsis, anak perusahaan Perum Perhutani yang bergerak di bidang pariwisata. Paket wisata yang ditawarkan oleh Palawi Risorsis antara lain wisata alam, wisata pendidikan, dan wisata petualangan yang terbagi di dua lokasi, yakni Coban Rondo, Kabupaten Malang, dan Baturraden.

Penunjuk Curug Tirta Sela
Untuk menuju ke lokasi air terjun Curug Tirta Sela harus berjalan sekitar 10 menit. Foto: YouTube

Untuk menikmati pemandangan di Curug Tirta Sela, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang. Biaya ini belum termasuk tiket masuk ke Baturraden sebesar Rp25.000 per orang.

Walaupun cukup mahal, namun pengalaman yang ditawarkan saat wisata ke Curug Tirta Sela yang berada14 Km dari pusat Kabupaten Banyumas ini sepadan dengan harga yang harus dibayarkan.

Curug Tirta Sela buka setiap hari pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

There are no posts to show right now.