HomeTop Us DestinationNdalemRatu Singosari: Konsep Rumah Makan dengan Suguhan Menu Kearifan Lokal Para Raja

NdalemRatu Singosari: Konsep Rumah Makan dengan Suguhan Menu Kearifan Lokal Para Raja

MTC MEDIAΒ – Singosari-Malang. Beberapa saat lalu, Rumah Makan NdalemRatu mendapatkan kehormatan dihadiri oleh Menteri Sosial dan Pembangunan Keluarga Singapura (Singapore’s Minister for Social and Family Development), Masagos Zulkifli, beserta beberapa stafnya.

Masagos Zulkifli (Singapore’s Minister for Social and Family Development) beserta staff, Sugiyanto (CEO MTC Media), Dewi Rakhma (Pengelola NdalemRatu). Foto: Aditya Bagus

Pengelola Rumah Makan NdalemRatu, Dewi Rakhma menyampaikan dalam sambutannya bahwa Kecintaan dan kepedulian terhadap peninggalan sejarah di bumi Nusantara, membuat NdalemRatu hadir di tengah era
millenials sekarang ini dan dipersembahkan dalam tiga produk NdalemRatu yaitu Makanan khas Kerajaan Singosari, Majapahit dan Kediri; Galeri Batik dan Pusat Kerajinan; Paket Wisata Bersejarah.

Mr. Minister menikmati sajian menu tradisional para raja. Foto: Aditya Bagus

Ketiganya bersinergi untuk mengajak generasi di masa kini kembali mengingat serta melestarikan warisan seni dan budaya bangsa yang luhur. Menteri Singapore ini merasa sangat terkesan dengan konsep dan menu yang disajikan.

Masagos Zulkifli mengagumi suguhan menu tradisional yang disajikan. Foto: Aditya Bagus

Bahkan beliau juga menyampaikan bahwa sekarang ini sulit untuk mendapatkan makanan dan minuman tradisional seperti rondo royal, wedang jahe, dan lain-lain yang disuguhkan di Rumah Makan NdalemRatu ini.

Bahan dan tampilan menu ala NdalemRatu. Foto: IG @NdalemRatu.Singosari

Melalui makanan, NdalemRatu mencoba mengingatkan kembali akan sejarah dengan menghadirkan menu khas dari Kerajaan Singosari, Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Kediri seperti : Nasi Pecel Kediri, Nasi Kuning Singosari, Nasi Urap, Nasi Lodeh dan masakan tradisional lainnya. Dilengkapi juga dengan menu minuman tradisional, seperti Wedang Jahe, Jahe Kelapa, Es Jeruk, dll. Serta menghadirkan juga makanan ringan yang bertema tradisional dan beberapa menu tambahan, yang cocok dinikmati bersama keluarga dan kerabat.

Salah satu peserta mengabadikan menu tradisional para raja. Foto: Aditya Bagus

NdalemRatu memiliki galeri batik yang menyediakan berbagai kebutuhan akan batik. Tersedia kain batik yang dibuat oleh perajin batik dari berbagai daerah di Indonesia, aksesori batik seperti tas, dompet, sandal, dll. Pada event khusus, tamu dapat melihat secara langsung proses pembuatan Batik dan mengikuti kelas membuat batik.

Galeri dan proses batik di NdalemRatu. Foto: IG @NdalemRatu.Singosari
Dewi Rakhma memandu peserta di NdalemRatu. Foto: Aditya Bagus

Melalui Paket Wisata Bersejarah, NdalemRatu mengajak untuk menelusuri kembali peninggalan sejarah di periode klasik bangsa Indonesia dimana sangatlah penting untuk kita yang hidup di masa kini mengenal dan melestarikan budaya peninggalan Kerajaan Kediri, Kerajaan Singosari dan Kerajaan Majapahit.

NdalemRatu juga menyuguhkan pagelaran seni tari sesuai permintaan untuk melengkapi jamuan para tamu raja. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk melestarikan kesenian tradisional kepada masyarakat, khususnya generasi muda agar tidak tergerus dengan kesenia luar seiring dengan perkembangan jaman.

Penampilan seni tari tradisional di NdalemRatu. Foto: IG @NdalemRatu.Singosari

Candi-candi dan beberapa bentuk peninggalan lain yang masih berdiri tegak adalah bagian dari kehidupan ratusan dan ribuan tahun yang lalu. Tersedia paket wisata One Day Package dan Two Days Package yang akan mengajak para tamu melihat secara langsung peninggalan Kerajaan Singosari, Kerajaan Majapahit serta Kerajaan Kediri. Meeting point dari kota Malang menuju Singosari, Mojokerto dan Kediri.

Mr. Minister dan peserta berpose di patung Raksasa Dwarapala Candi Singosari. (Foto: Aditya Bagus)

NdalemRatu dibangun dengan luas tanah 415 mΒ² dengan konsep bangunan Jawa kuno. Dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Joglo di bagian depan, Pringitan di bagian tengah serta Sentong di bagian belakang dimana masing-masing bagian memiliki arti dan fungsi yang khas dan berbeda. Suasana Jawa Kuno sangat kental terasa ketika masuk menapakkan kaki di area Joglo hingga ke Sentong. Meja makan dan kursi yang bergaya kuno, lampu, desain pintu serta jendela, lemari kayu yang berjajar membuat suasana semakin syahdu.

NdalemRatu Singosari

Jam OperasionalΒ  : Senin – Minggu, jam 09.00 – 21.00
AlamatΒ  Β  Β  Β  Β  Β  Β  Β  Β  Β  : Jl. Kertanegara Barat I no. 9 Singosari – Kab. Malang – Jatim
EmailΒ  Β  Β  Β  Β  Β  Β  Β  Β  Β  Β  : ndalemratusingosari@gmail.com
Wa /phoneΒ  Β  Β  Β  Β  Β  Β : 08113669901 / 0341-3062200
Social MediaΒ  Β  Β  Β  Β  : IG @NdalemRatu.Singosari
Contact Person Β Β Β  : Dewi Rakhma (08155517170)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like