Lembah Watu Pawon, Pantai Tak Berpasir di Trenggalek
HomeTop Us DestinationLembah Watu Pawon, Pantai Tak Berpasir di Trenggalek
Trenggalek

Lembah Watu Pawon, Pantai Tak Berpasir di Trenggalek

MTC Media – Trenggalek. Pantai Lembah Watu Pawon adalah hidden gem tempat wisata di Trenggalek, Jawa Timur. Selain memiliki pemandangan indah dan luar biasa, Lembah Watu Pawon juga memiliki keunikan yang jarang ditemui di pantai-pantai lainnya, yakni batu-batu halus berukuran besar kecil di sepanjang pantainya.

Pantai Lembah Watu Pawon berada di Nglumpang, Desa Nglebeng, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Pantai ini bisa disebut hidden gem karena meski lokasinya masih di seputaran Pantai Kuyon, namun letaknya tersembunyi.

Pantai ini juga sangat terawat karena dikelola langsung oleh kelompok masyarakat sadar wisata (Pokdarwis) setempat.

Dibuka untuk umum pada Maret 2023 lalu, Lembah Watu Pawon merupakan destinasi wisata yang relatif baru sehingga belum banyak dikenal. Meski demikian, seiring dengan berjalannya waktu, Lembah Watu Pawon kini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Kabupaten Trenggalek.

Di antara dua karang
Di antara bebatuan karang. Foto: Ist

Untuk menuju ke pantai eksotis ini dapat mengambil jalan dari Pantai Kuyon kemudian melewati bebatuan karang. Pemerintah setempat sudah membangun jembatan untuk melewati bebatuan karang ini sehingga aksesnya menjadi semakin mudah dan aman.

Pengunjung hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 menit menyusuri jalan setapak menyusuri garis pantai perbukitan dan bebatuan karang untuk mencapai Lembah Watu Pawon. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang memukau. Selain menikmati panorama pantai, pengunjung juga dapat menikmati pesona jalan setapak dan keindahan persawahan.

Setiba di lokasi, pengunjung akan disambut langsung oleh keindahan pantai tak biasa dimana tidak ada pasir melainkan batu-batu yang permukaannya halus. Kecantikannya semakin terlihat dengan adanya beberapa batu karang eksotis di tengah laut.

Di atas batu-batu karang tersebut terdapat pepohonan dan tetumbuhan yang sama hijaunya dengan yang mengelilingi pantai tak berpasir ini.

Sedangkan air lautnya berwarna hijau tosca yang cantik dengan ombak tenang yang menyapu batu kerikil di tepi pantai.

Jembatan penghubung
Jembatan penghubung dua karang yang dibangun atas swadaya masyarakat. Foto: Ist

Suasana di Lembah Watu Pawon sangat indah dan asri sehingga cocok menjadi tempat bersantai bersama keluarga, teman-teman atau sekedar healing sembari menikmati keindahan alamnya.

Hingga saat ini untuk masuk ke Lembah Watu Pawon masih belum dikenakan biaya. Namun bisa saja ada perubahan di kemudian hari seiring dengan semakin banyaknya pengunjung berwisata ke sana, sehingga tentunya membutuhkan biaya untuk perawatan dan fasilitas penunjang bagi para wisatawan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

There are no posts to show right now.